About Me

Foto saya
Perempuan yang mengejar gelar profesional sebagai pendidik masa depan.

Selasa, 03 November 2020

Skenario Pembelajaran Discovery Learning " HUKUM III NEWTON"

SKENARIO DISCOVERY LEARNING

 

NAMA                                                   : Mutiara Sabar

NIM                                                       : H0418008

KELAS                                                  : PEND. FISIKA 2018

MATERI/KELAS                              : Hukum III Newton (Aksi-Reaksi)/ X

MODEL PEMBELAJARAN           : DISCOVERY LEARNING

 

LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN

Kegiatan

Fase

Kegiatan

Waktu

(menit)

Pendahuluan

 

 

 

 

 

I

Memberi Stimulus

Guru mengucapkan salam, mengawali dengan kegiatan berdoa dan mengabsensi kelas, kemudian membagi siswa ke dalam 6 kelompok.

Guru memberikan motivasi atau rangsangan untuk memusatkan pikiran dan perhatian pada topik hokum aksi reaksi dengan cara mengajak peserta didik untuk memukul meja dengan tangan

 

 

 

 

10

 

II

Mengidentifikasi Masalah

 

Guru memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak mungkin masalah yang berkaitan dengan hokum aksi-reaksi sampai peserta didik dapat berfikir dan bertanya.

1.       Guru menanyakan kepada peserta didik :

·         Apa yang kalian rasakan setelah memukul meja?

2.       Guru meminta peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan percobaan. Pertanyaan diarahkan terkait dengan hokum aksi-reaksi, seperti :

·         Mengapa kita merasakan sakit setelah memukul meja ?

·         Apakah ada pengaruh besar gaya pukul yang diberikan kepada meja dengan rasa sakit yang dirasakan?

Guru meminta peserta didik untuk membuat hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan

 

 

 

 

20

Kegiatan inti

III

Mengumpulkan data

 

Peserta didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang telah dirumuskan. Informasi ini diperoleh melalui kegiatan :

·           Guru memberikan lembar kerja peserta didik(LKPD) setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan

·      Membaca literature tantang Hokum III Newton

· Mengulangi kegiatan memukul meja dengan kekuatan pukulan yang berbeda-beda

 

 

 

 

 

 

20

IV

Mengolah Data

Peserta didik berdiskusi bersama kelompoknya mengolah informasi dengan cara mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari berbagai literatur dan hasil analisis percobaan pemukulan meja dengan kekuatan tangan yang berbeda.

 

 

30

V

Memverifikasi

Peserta didik menguji hipotesis  yang telah dirumuskan dengan cara :

    1. Memeriksa secara cermat rumusan hipotesis

  2. Mencocokkan rumusan hipotesis dari  hasil identifikasi pemukulan meja dan informasi yang telah dikumpulkan tentang hokum III Newton yaitu aksi-reaksi,

    3. Guru menunjuk setiap perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya di depan teman-temannya,  masing-masing kelompok memiliki waktu 5 menit.

 

 

 

 

 

45

Penutup

 

 

V

Membuat simpulan

Peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan informasi dan diskusi :

        Menyimpulkan bahwa rasa sakit yang dirasakan oleh tangan bergantung pada seberapa kuat gaya yang diberikan tangan saat memukul meja, sesuai dengan hokum III Newton yaitu besar aksi sama dengan besar reaksi namun arahnya berlawanan

Faksi= -Freaksi

Guru mengakhiri pertemuan dengan memberikan motivasi kepadda peserta didik, membaca doa dan mengucapkan salam.

 

 

 

10


Pembelajaran berlangsung selama 3 x 45 menit

Berikut penjelasan dapat anda lihat 

 


Tidak ada komentar:

DEFINISI, SEJARAH, DAN CARA MEMBUAT BLOG

VIDEO PENJELASAN Kunjungi Youtube channel Mutiara Sabar Follow Ig : @mutiarasabar               Twt : @mutiarasabarKSJ