SKENARIO DISCOVERY LEARNING
NAMA :
Mutiara Sabar
NIM :
H0418008
KELAS :
PEND. FISIKA 2018
MATERI/KELAS : Hukum III Newton (Aksi-Reaksi)/ X
MODEL PEMBELAJARAN : DISCOVERY LEARNING
LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN
Kegiatan |
Fase |
Kegiatan
|
Waktu (menit) |
Pendahuluan
|
I Memberi
Stimulus |
Guru mengucapkan salam, mengawali
dengan kegiatan berdoa dan mengabsensi kelas, kemudian membagi siswa ke dalam
6 kelompok. Guru memberikan motivasi atau
rangsangan untuk memusatkan pikiran dan perhatian pada topik hokum aksi
reaksi dengan cara mengajak peserta didik untuk memukul meja dengan tangan |
10 |
II Mengidentifikasi
Masalah |
Guru
memberikan kesempatan pada peserta didik untuk mengidentifikasi sebanyak
mungkin masalah yang berkaitan dengan hokum aksi-reaksi sampai peserta didik
dapat berfikir dan bertanya. 1.
Guru
menanyakan kepada peserta didik : ·
Apa
yang kalian rasakan setelah memukul meja? 2.
Guru
meminta peserta didik merumuskan pertanyaan terkait dengan percobaan.
Pertanyaan diarahkan terkait dengan hokum aksi-reaksi, seperti : ·
Mengapa
kita merasakan sakit setelah memukul meja ? ·
Apakah
ada pengaruh besar gaya pukul yang diberikan kepada meja dengan rasa sakit
yang dirasakan? Guru meminta peserta didik untuk
membuat hipotesis atau jawaban sementara atas pertanyaan yang mereka rumuskan |
20 |
|
Kegiatan
inti |
III Mengumpulkan
data |
Peserta
didik mengumpulkan informasi yang relevan untuk menjawab pertanyaan yang
telah dirumuskan. Informasi ini diperoleh melalui kegiatan : ·
Guru memberikan lembar kerja peserta
didik(LKPD) setiap kelompok untuk menjawab pertanyaan yang telah diberikan · Membaca
literature tantang Hokum III Newton · Mengulangi kegiatan memukul meja
dengan kekuatan pukulan yang berbeda-beda |
20 |
IV Mengolah
Data |
Peserta didik berdiskusi bersama kelompoknya mengolah informasi dengan cara mendiskusikan hasil pengumpulan informasi dari berbagai literatur dan hasil analisis percobaan pemukulan meja dengan kekuatan tangan yang berbeda. |
30 |
|
V Memverifikasi |
Peserta
didik menguji hipotesis yang telah
dirumuskan dengan cara : 1. Memeriksa
secara cermat rumusan hipotesis 2. Mencocokkan
rumusan hipotesis dari hasil
identifikasi pemukulan meja dan informasi yang telah dikumpulkan tentang
hokum III Newton yaitu aksi-reaksi, 3. Guru
menunjuk setiap perwakilan kelompok menjelaskan hasil diskusinya di depan
teman-temannya, masing-masing kelompok
memiliki waktu 5 menit. |
45 |
|
Penutup
|
V Membuat
simpulan |
Peserta didik menyimpulkan hasil pengumpulan informasi
dan diskusi : Menyimpulkan
bahwa rasa sakit yang dirasakan oleh tangan bergantung pada seberapa kuat
gaya yang diberikan tangan saat memukul meja, sesuai dengan hokum III Newton
yaitu besar aksi sama dengan besar reaksi namun arahnya berlawanan Faksi= -Freaksi Guru mengakhiri pertemuan dengan memberikan motivasi kepadda peserta
didik, membaca doa dan mengucapkan salam. |
10 |
Pembelajaran berlangsung selama 3 x 45
menit
Berikut penjelasan dapat anda lihat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar