About Me

Foto saya
Perempuan yang mengejar gelar profesional sebagai pendidik masa depan.

Minggu, 11 Oktober 2020

MAKALAH KISI-KISI TES

 

 

MAKALAH

KISI-KISI TES


 

 


OLEH :

 

        ASLIAH Z LABARAN        H0418502

        MUTIARA SABAR              H0418008

        NURFADILAH                     H0418009      

        NURUL  IZZAH                   H0418316

 

 

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS  SULAWESI  BARAT






KATA PENGANTAR

Segala puji bagi Allah SWT yang telah memberikan penulis beribu-ribu nikmat sehingga makalah ini dapat terselesaikan, salam dan taslim semoga tetap tercurahkan kepada baginda nabi besar Muhammad SAW, nabi yang telah mengobarkan bendera kebenaran di muka bumi ini.

        Adapun tujuan penulisan makalah mata kuliah asesmen pembelajaran fisika “Kisi-kisi Tes” yaitu memenuhi tugas mata kuliah asesmen pembelajaran fisika dan dapat berguna dalam menambah bacaan dan wawasan.

Dengan terselesaikannya makalah ini karena adanya bantuan dari pihak-pihak tertentu, maka dari itu penyusun  mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya kepada :

1.      Bapak Musdar M, S.Pd., M.Pd. Selaku dosen pengampuh mata kuliah asesmen pembelajaran fisika.

2.       Semua pihak yang telah membantu penulis dalam dalam proses penulisan makalah, baik secara langsung maupun tidak langsung.

        Penulis sadar dalam makalah ini masih terdapat banyak kesalahan karena kekurangan yang dimiliki penulis, maka dari itu penulis meminta saran yang bijak dan membangun dari pembaca guna adanya peningkatan dipenulisan makalah yang akan datang, dan mohon maaf atas segala kekurangannya.

 

Majene, 14 Februari 2020

 

                                                                                   Kelompok I

 

 

 

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR ...........................................................................       i

DAFTAR ISI .........................................................................................        ii

BAB I PENDAHULUAN   

A.    Latar Belakang............................................................................        1

B.     Rumusan Masalah ......................................................................        1

C.     Tujuan Penulisan  …………......................................................         1

D.    Manfaat Penulisan ……………….………….………….……..        2

BAB II PEMBAHASAN

A.    Definisi Kisi-kisi Tes…...................……....................................         3

B.     Tujuan Kisi-kisi Tes…………….……….…………...................         3

C.     Manfaat Kisi-kisi Tes……………..………………………...…..        3

D.    Fungsi Kisi-kisi Tes……………..………………..………….…         4

E.     Langkah-langkah Penulisan Kisi-kisi Tes..............................…..         4

F.      Contoh Penulisan Kisi-kisi Tes ………………..……………….        7         

BAB III PENUTUP

A.      Simpulan......................................................................................       9

B.       Saran............................................................................................       9

DAFTAR PUSTAKA………………………………………..…………      10

 

 

 

 

 


BAB I

PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang

Penilaian hasil belajar dilakukan secara terpadu sebagaimana dijelaskan di Permendiknas Nomor 20 Tahun 2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan bahwa maksud terpadu berarti penilaian oleh pendidik merupakan salah satu komponen yang tak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran.

Pada prinsipnya pelaksanaan suatu tes diperlukan agar hasil yang diharapkan dapat diperoleh. Perencanaan yang teliti dan terkonsep akan memberikan Pengakuan akan guru dapat mengukur penguasaan belajar yang relevan dengan hasil belajar yang representati.

Kisi-kisi merupakan rencana dalam penyusunan tes. Dengan adanya kisi-kisi akan mempermudah dalam menyiapkan tes sesuai dan mewakili materi yang pernah diberikan dalam proses pembelajaran. Tabel kisi-kisi soal kemudian dikaitkan dengan bentuk item yang digunakan dan juga dikaitkan dengan jenjang kemampuan yang ingin diukur.

 

B.     Rumusan Masalah

1.      Apa definisi kisi-kisi tes ?

2.      Apa tujuan kisi-kisi tes ?

3.      Apa manfaat kisi-kisi  tes ?

4.      Apa fungsi kisi-kisi tes ?

5.      Bagaimana langkah-langkah menulis kisi-kisi tes?

6.      Bagaimana contoh kisi-kisi  tes ?

 

C.    Tujuan Penulisan

1.      Agar mengetahui definisi kisi-kisi tes.

2.      Agar mengetahui tujuan kisi-kisi tes.

3.      Agar mengetahui manfaat kisi-kisi tes.

4.      Agar mengetahui fungsi kisi-kisi tes.

5.      Agar mengetahui kisi-kisi tes.

6.      Agar mengetahui contoh kisi-kisi tes.

 

       D.    Manfaat Penulisan

1.  Manfaat teoritis       : makalah ini dapat menjadi referensi bagi pembaca saat ingin mencari materi tambahan untuk menambah wawasan.

2. Manfaat praktis        : makalah ini  menjadi salah satu tugas dari mata kuliah asesmen pembelajaran fisika pada Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sulawesi Barat.

 

 

 


 

BAB II

PEMBAHASAN

          A.    Definisi Kisi-kisi Tes

Kisi-kisi adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau  yang hendak disusun. Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan. Wujudnya adalah sebuah tabel yang memuat tentang perperincian materi dan tingkah laku beserta imbangan/proporsi yang dikehendaki oleh penilai. Tiap kotak diisi dengan bilangan yang menunjukkan jumlah soal.

Selain itu kisi-kisi juga diartikan sebagai suatu format berupa matriks yang memuat informasi yang dijadikan pedoman untuk  menulis soal atau merakit soal menjadi suatu tes. Kisi-kisi berisi ruang lingkup dan isi materi yang akan diujikan.

B.     Tujuan Kisi-kisi Tes

Tujuan dari penulisan kisi-kisi tes yaitu untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai pembatas dalam membuat soal tes, dengan adanya kisi-kisi seorang guru dapat dengan mudah membuat soal, sehingga tiap soal dapat mewakili mata pelajaran yang hendak diujikan.

C.    Manfaat Kisi-Kisi

Manfaat kisi-kisi yaitu untuk memudahkan pembuatan atau penulisan  dalam merakit soal menjadi suatu tes. Manfaat lain dari kisi-kisi ialah terjaminnya sampel soal yang baik, dalam arti mencakup semua pokok bahasan secara proporsional. Agar item-item atau butir-butir tes mencakup keseluruhan materi (pokok bahasan atau sub pokok bahasan) secara proporsional, maka sebelum menulis butir-butir tes, terlebih dahulu kita harus membuat kisi-kisi sebagai pedoman. Sebuah kisi-kisi memuat jumlah butir yang harus dibuat untuk setiap bentuk soal dan setiap pokok bab serta untuk setiap aspek kemampuan yang hendak diukur.

 

            D.    Fungsi Kisi-Kisi

            Adapun fungsi dari kisi-kisi antara lain:

1.      Panduan/pedoman dalam penulisan soal  yang hendak disusun

Pedoman penulisan soal merupakan aspek terpenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal nantinya.

 

2.      Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevaluasi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evaluasi terhadap pembelajaran tertentu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

 

3.      Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannya segi cakupan materi yang ditanyakan.

Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menyelaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.

 

            E.     Langkah-langkah Penulisan Kisi-kisi Tes

1.      Syarat Penulisan Kisi-kisi Tes

a.       Kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus/kurikulum atau materi yang telah diajarkan  secara tepat dan proporsional.

b.      Komponen-komponennya diuraikan secara jelas dan mudah dipahami.

c.       Materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.

 

2.      Penulisan Kisi-kisi

Dalam penulisan kisi-kisi soal, guru harus memperhatikan hal-hal berikut:

a)      Nama sekolah

Nama sekolah ini menunjukkan tempat penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran yang akan dievaluasi proses pembelajarannya. Ini merupakan identitas sekolah.

b)      Satuan pendidikan

Satuan pendidikan menunjukkan tingkatan pendidikan yang menyelenggarakan proses pendidikan dan akan dievaluasi. Satuan pendidikan ini  misalnya SD, SMP, SMA/SMK.

c)      Mata Pelajaran

Mata pelajaran yang dimaksudkan dalam hal ini adalah mata pelajaran yang akan dibuatkan kisi-kisi soal dan dievaluasi hasil belajar anak-anak. Misalnya Matematika.

d)     Kelas/semester

Kelas/semester menunjukkan tingkatan yang akan dievaluasi, dengan mencantumkan kelas atau semester ini, maka kita semakin tahu batasan materi yang akan kita jadikan soal evaluasi proses.

e)      Kurikulum acuan

Seperti yang kita ketahui model kurikulum di negeri ini selalu berganti, akhirnya ada tumpah tindih antara kurikulum yang digunakan dan kurikulum baru. Untuk hal tersebut maka kita informasikan kurikulum yang digunakan dalam penyusunan kisi-kisi penulisan soal. Misalny, KTSP.

f)       Alokasi waktu

Alokasi waktu ini ditulis sebagai penyediaan waktu untuk penyelesaian soal, dengan alokasi ini, maka kita dapat memperkirakan kesulitan soal,  jumlah soal yang harus dibuat guru agar anak-anak tidak kehabisan waktu saat mengerjakan soal.

g)      Jumlah soal

Jumlah soal menunjukkan berapa banyak soal yang harus dibuat dan dikerjakan anak-anak sesuai dengan jatah alokasi waktu yang sudah dikerjakan untuk ujian bersangkutan. Dalam hal ini guru sudah memperkirakan penggunaan waktu untuk masing-masing soal.

h)      Penulis/guru mata pelajaran

Ini menunjukkan identias guru mata pelajaran atau penulis kisi-kisi soal. Hal ini sangat penting untuk mengetahui tingkat kelayakan seseorang dalam penulisan kisi-kisi dan soalnya.

i)        Standar kompetensi

Standar kompetensi menunjukan kondisi standar yang akan dicapai oleh peserta didik setelah mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran, dengan standar kompetensi ini maka guru dan anak didik dapat mempersiapkan segala yang harus dilakukan.

j)        Kompetensi dasar

Kompetensi dasar menunjukkan hal yang seharusnya dimiliki oleh anak didik setelah mengikuti proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam penulisan kisi-kisi soal aspek ini kita munculkan untuk mengevaluasi tingkat pencapaiannya.

k)      Materi pelajaran

Ini menunjukkan semua materi yang  diberikan untuk proses pendidikan dan pembelajaran. Dalam penulisan kisi-kisi soal, aspek ini merupakan batasan isi dari materi pelajaran yang kita jadikan soal.

l)        Indikator soal

Indicator soal menunjukan perkiraan kondisi yang diambil dalam soal ujian. Indikasi yang bagaimana dari materi pelajaran yang diterapkan disekolah.

m)    Bentuk soal

Bentuk soal yang dimaksudkan adalah subjektif tes atau objektif tes. Untuk memudahkan kita dalam menyusun soal, maka kita harus menentukan bentuk yes dalam setiap materi pelajaran yang kita ujikan dalam proses evaluasi.

n)      Nomor soal

Nomor soal menunjukkan urutan soal untuk materi atau soal yang guru buat. Dal hal ini, setiap standar kompetensi dan kompetensi dasar, penulisan nomor soal dikisi-kisi penulisan soal tidak selalu berurutan, guru dapat menulis secara acak. Misalnya,  standar kompetensi A dan komptensi dasar A1 dapat saja diletakkan pada nomor 3 dan seterusnya sehingga tidak selalu standar kompetensi pertama dan kompetensi dasar pertama harus diurutkan di nomor satu.

 


F.  Contoh Penyusunan Kisi-kisi Tes

 

KISI-KISI PENULISAN SOAL

 

      Nama sekolah        :…………................               Alokasi waktu     : ………….......

      Satuan pendidikan   : ................................           Jumlah soal          : .......................

Mata pelajaran       :………….................              Penulis                 : .......................

Kelas/semester      : ...............................                                 1. ...........................

      Kurikulum             :  …………...............                                2. ..........................

     

     

No.

Standar Kompetensi

Kompetensi Dasar

Kls/

smt

Materi

pokok

Indikator soal

Nomor

soal

 

 

 

 

 

 





 

 

Keterangan:

Isi pada kolom 2, 3. 4, dan 5 adalah harus sesuai dengan pernyataan yang ada di dalam silabus/kurikulum. Penulis kisi-kisi tidak diperkenankan mengarang sendiri, kecuali pada kolom 6. 

 

 

BAB III

PENUTUP

      A.    Simpulan

1.    Kisi-kisi tes adalah suatu format atau matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau  yang hendak disusun.

2.    Tujuan kisi-kisi tes yaitu untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai pembatas dalam membuat soal tes.

3.    Manfaat kisi-kisi tes yaitu memudahkan penulis dalam menulis soal atau dalam merakit soal menjadi suatu tes.

4.    Fungsi kisi-kisi tes yaitu sebagai panduan atau pedoman dalam penulisan soal yang hendak disusun, tujuan tes akan sesuai dengan kisi-kisi, dan untuk menyelaraskan perangkat soal.

5.    Langkah-langkah menyusun kisi-kisi tes yaitu kisi-kisi harus dapat mewakili isi silabus /kurikulum atau materi yang diajarkan secara tepat dan proporsional, komponen-komponen yang diuraikan secara jelas dan mudah dipahami, dan materi yang hendak ditanyakan dapat dibuatkan soalnya.

 

      B.     Saran

Suatu kisi-kisi penyusunan soal harusnya mengacu bukan hanya pada silabus dan kurikulum yang berlaku akan tetapi melihat juga aspek lingkungan sekitar dan perilaku siswa (situasi dan kondisi keadaan sekitar).


C.      

DAFTAR PUSTAKA

Hariyanto. 2016. Asesmen Pembelajaran.Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Kardi, Suparman. 2008. Tujuan Pembelajaran Perumusan dan Penggunaannya. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Santyasa, I Wayan. 2014. Asesmen dan Evaluasi Pembelajaran Fisika.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Anonym.2012.Penyusunan-Kisi-kisi :http://victoryforpbia.blogspot.com/2012/04/kelompok4penyusunankisi-kisi.html?m=1, diakses pada tanggal 13 Februari 2020 pukul 14.20.

Anonim.2019.Langkah-langkah Menyusun Kisi-kisi Soal Ulangan/Ujian yang Baik dan Benar.: www.pgrionline.com, diakses pada tanggal 13 Februari 2020 pukul 14.22.

  

 

Tidak ada komentar:

DEFINISI, SEJARAH, DAN CARA MEMBUAT BLOG

VIDEO PENJELASAN Kunjungi Youtube channel Mutiara Sabar Follow Ig : @mutiarasabar               Twt : @mutiarasabarKSJ